tag

Selasa, 07 Agustus 2012

EXPOR IMPOR

Pada kesempatan ini saya akan membahas masalah export dan impor, namun yang akan diahas bukanya export-impor hasil bumi maupun barang hasil produksi, tetapi export-impor tentang hasil postingan. Ide ini muncul ketika saya membeli domain baru yaitu LS-Cyber.blogspot.com sedangkan sebelumnya saya menggunakan domain gratisan dari wordpress.com.
Setelah domain yang baru beli saya instal ternyata harus memulai lagi dengan postingan-postingan baru, padahal saya menginginkan postingan yang ada di wordprees tanpa harus posting ulang. Akhirnya saya tanyakan lewat email kepada penjual domain:
2.Bagiamana dengan blok yang saya punya yaitu http://pakteo.worpress.com bila diganti namanya dengan http://pakteo.com ? dan jawaban yang saya terima adalah:
2. Untuk blog dari layanan wordpress.com, tidak bisa dipindahkan ke layanan web hosting. Kecuali jika Anda menggunakan layanan Domain Mapping dari wordpress.com yang akan dikenakan biaya $12 per tahun. Sehingga nanti domain yang telah Anda miliki (pakteo.com) akan mengarah ke alamat blog pakteo.wordpress.com
Karena jawaban diatas kurang memuaskan akhirnya saya tanya sana tanya sini dan tanya situ dan yang jelas googling sana googling sini hehehehe…..kemudian saya praktikan dan jadilah seperti yang sekarang ini, saya mempunyai domain berbayar pakteo.com dan domain gratisan yaitu pakteo.worpress.com dengan isi postingan yang sama.
Baiklah kita mulai saja cara export-impor postingan di worpress.com
1. Login/Sign in ke wordpress anda yang memiliki banyak postingan. Pada halaman dashboard, pilih Menu Tools, lalu Export. Ini bertujuan untuk membackup seluruh postingan berserta seluruh komentar yang ada di blog anda tersebut.lihat gambar dibawah ini:

2. Setelah anda klik(warna merah) pada export maka akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini

3. Langkah selanjutnya adalah klik Download Export File maka akan terlihat tampilan dibawah ini:

4. Klik ok maka akan terjadi proses download seluruh postingan anda dalam bentuk format xml. Tunggu sampai proses download selesai dan ingat dimana file tersebut disimpan karena nanti akan di export kedomain baru yang anda punya.
5. Nah jika sudah selesai mendownload , sekarang saatnya untuk meng-ekstrak semua postingan lama anda di domain baru anda. Sign in / Login terlebih dahulu di domain baru anda. Pada halaman dashboard pilih Menu Tools lagi, kemudian klik‘Import’. maka anda akan di hadapkan pada beberapa pilihan. Lihat gambar dibawah ini

6. Pilih/ klik worpress maka anda akan dibawa pada tampilan dibawah ini.(lihat gambar) Kemudian pada halaman selanjutnya klik telusuri/Browse (pilih hasil download *.xml yang kita download tadi). Kemudian pilih /klikUpload file and Import’.

7. Pada halaman selanjutnya , tentukan author nya. Dan beri tanda centang pada ‘Download and import file attachment’. Jika sudah,klik Submit. Proses Import akan segera di mulai . tunggu hingga proses import selesai.
Proses selesai setelah muncul gambar seperti berikut ini. Langsung coba lihat blog baru anda.

0 komentar:

Posting Komentar