tag

Selasa, 04 September 2012

Memahami Pengertian Freeware

Pengertian Freeware

Apakah anda pernah mendengar istilah Freeware? Pengertian freeware adalah suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa membayar. Singkat kata, freeware adalah aplikasi gratis. Namun meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya memiliki kebijakan tertentu yang umumnya disertakan ketika anda mendownload freeware tersebut atau termaktub di situs tempat anda mendownload freeware tersebut. Tentu saja kebebasan ini bukan berarti kita tidak membayar dan bebas lisensi, namun anda harus mengikuti apa yang dimau oleh sang pembuat software, diantaranya tidak menggunakannya untuk kepentingan komersial dan tidak boleh dimodifikasi dalam bentuk apapun.
pengertian freeware
Terlepas dari hal tersebut, penjelasan pengertian freeware di atas hanya contoh kecil saja. Efek dari gratis tersebut adalah menyenangkan para pengguna komputer dan menjadi tidak enggan untuk mendownload. Tidak sedikit orang yang lebih memilih gratisan atau freeware ini daripada harus membeli lisensi. Ada yang melakukannya karena memang tidak punya uang, tidak mau membajak dan ada juga yang melakukannya dengan prinsip “jika ada yang gratis, kenapa harus bayar?” meskipun sebenarnya dia mampu untuk membayar software berbayar dan berlisensi tertentu.
Banyak orang yang bingung perbedaan pengertian antara freeware dan open source. Perbedaan keduanya memang tidak banyak, pada dasarnya sama-sama gratis. Namun open source lebih menitikberatkan pada kode sumber yang terbuka dan diakses oleh siapa saja. Siapa yang menggunakan software open source boleh memodifikasi dengan menambah atau mengurangi software tersebut, asalkan tidak dihilangkan credit atas kontributornya dan harus dirilis dengan lisensi yang sama. Dalam opensource seseorang dapat memodifikasi sebuah software open source menjadi program open source lainnya yang berbeda.
conton aplikasi freeware gimp
Sedangkan freeware diberikan dalam bentuk “matang”, tinggal digunakan, tidak boleh dimodifikasi. Oleh karena itu sebuah software open source sudah pasti freeware, sedangkan freeware belum tentu open source. Freeware dapat berbentuk software aplikasi, game atau master device (driver). Banyak situs yang dapat anda gunakan sebagai referensi ketersediaan suatu freeware, salah satunya adalah download.com. Terkadang suatu freeware dibuat untuk mengiklankan sesuatu, entah itu suatu produk atau apapun itu. Freeware seperti ini disebut sebagai Adware atau aplikasi gratis yang diberi iklan. Iklan inilah yang membiayai pembuatan freeware tersebut dan menghidupi pembuatnya. Istilah lain untuk aplikasi seperti ini adalah sponsored freeware.
Ada juga freeware yang diberikan kepada kita dengan batasan pemakaian tertentu. Setelah mendownload, kita diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di suatu tempat untuk mendapatkan serial number dari aplikasi tersebut. sistem ini dikenal dengan nama Shareware. Ada yang menggunakan sistem batas waktu tertentu, setelah memberikan serial number kita hanya diberikan waktu selama 30 hari atau beberapa waktu lebih lama. Namun ada juga yang hanya mewajibkan kita untuk mendaftar dan mendapatkan serial number saja, setelah itu kita dapat menggunakan software tersebut selamanya. Semoga penjelasan mengenai pengertian freeware di atas dapat kamu pahami dengan mudah, dan dapat menambah pengetahuanmu di bidang perkomputeran.
Mentimun

0 komentar:

Posting Komentar